Halo
semuanya beberapa hari yang lalu saya membuat postingan di Facebook tentang
cara membuat proposal yang benar, saya berharap mendapatkan respon jawaban
enak, tetapi ternyata respon dari teman-teman minta agar saya membuat
Contoh Proposal Bantuan Dana di blog agar mereka bisa mendownloadnya.
Oke hari ini saya akan memberikan
beberapa tip bagaimana cara membuat proposal bantuan dana yang bagus dan benar,
yang dilakukan pertama kali adalah mencari informasi atau bocoran-bocoran dana
dari instansi terkait, baik pemerintah ataupun lembaga swasta yang
menyediakannya, waaah kebayang kalau kita harus keliling cari tembusan
sana-sini.
Tapi biasanya kita gak seperti itu,
kita akan membuat proposal kalau sudah ada sinyal, sinyal dari lembaga
terkait, kalau sudah ada sinyal baru kita buat proposalnya, bisa ditebak
kemudian tanpa menunggu lama, bantuannya akan mengucur langsung.
Oke saya langsung to the poin aja, saya akan memberikan contoh proposal bantuan
dana peralatan laboratorium bahasa. bantuan ini berasal dari Pemerintah
Propinsi Jawa Timur. kalian bisa mempelajari, mengedit sesuai dengan kebutuhan,
INI DIA CONTOHNYA :
Contoh
Proposal Bantuan Dana
YAYASAN NURUL HIDAYAH
MTs. NURUL HIDAYAH
OPO-OPO KREJENGAN PROBOLINGGO
Probolinggo, 8 Agustus 2011
Nomor
Lamp.
Hal
|
:
:
:
|
035/A.01/MTs.NH/LB/VIII/11
1
(satu) Bendel proposal
Permohonan
Dana Peralatan
Laboratorium
Bahasa
|
Kepada
Yth. Gubernur
Jawa Timur
di-
SURABAYA
|
Assalamu’alaikum
Wr. Wb.
Untuk
meningkatkan kualitas pembelajaran siswa dan menghasilkan prestasi yang baik,
kami bermaksud mengadakan Peralatan Laboratorium Bahasa. Sehubungan
dengan hal itu kami mengharapkan kepada Bapak berkenan memberikan dana hibah
untuk pengadaan peralatan tersebut. Adapun rincian dana sebagaimana dalam
proposal terlampir.
Demikian
Surat Permohonan kami, atas perhatian dan bantuan Bapak kami sampaikan terima
kasih.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb.
Mengetahui,
Kepala Desa Opo-Opo
SYAIFUL BAHRI
|
|
Kepala
MTs. Nurul Hidayah
SHOLEHUDDIN,
S.PdI
|
Contoh Proposal Bantuan Dana Sekolah
PROPOSAL
PERALATAN
LABORATORIUM BAHASA
MTs NURUL HIDAYAH
TAHUN 2011
A.
PENDAHULUAN
1. Dasar Pemikiran
Pendidikan adalah unsur dominan yang mampu
menciptakan komponen sumber daya manusia yang berkualitas. Pola penyampaian
yang baik menjadi salah satu faktor penentu yang berpengaruh besar terhadap
optimalisasi penyampaian ilmu dan
teknologi secara menyeluruh. Pola penyampaian konvensional yang selama ini
terjadi antara pengelola pendidikan dengan pelaku pendidikan sudah seharusnya
digantikan dengan pola penyampaian yang
lebih efektif dengan metode yang lebih baik. Indonesia sebagai sebuah negara yang relatif
muda mengalami perubahan yang cukup fundamental pada saat-saat akhir millennium
kedua. Kompleksitas pendidikan dan tuntutan masyarakat mewujudkan sebuah
tatanan baru pendidikan yang lebih baik. Pola penyampaian secara konvensioanal
yang berpuluh tahun berjalan, tidak
mampu lagi memenuhi dinamika yang berkembang dalam pendidikan.
Penyampaian ilmu dan teknologi secara
manual dari seorang guru terhadap muridnya menjadi hambatan yang sangat berarti
dalam pelaksanaanya. Informasi tidak bisa disampaikan secara cepat sehingga
para pelaku pendidikan selalu terhambat untuk mendapatkan akses informasi. Untuk
dapat berkompetisi secara nasional maupun internasional dalam era globalisasi
pendidikan, maka salah satu persyaratan utama untuk mencapai keberhasilan
adalah ketersediaan, kecepatan dan ketepatan informasi. Sistem informasi yang
baik akan dapat memberi dukungan bagi pengambilan keputusan yang cepat dan akurat serta memberi keleluasaan bagi pelaku
pendidikan untuk mengetahui dan mendapatkan akses informasi teknologi secara
cepat dan komprehensif. Aliran informasi
dari setiap komponen akan menjadi sangat cepat, sehingga keputusan-keputusan yang
diambil menggunakan informasi terkini tepat sebelum keputusan ditetapkan. Pada
sisi yang lain maka pengendalian pelaksanaan sistem pendidikan akan dapat
dilaksanakan dengan lebih baik dengan sedikit tenaga dan waktu.
Contoh keberhasilan penggunaan sistem
informasi pendidikan dapat dilihat pada negara-negara maju. Dengan dukungan
Sistem Informasi Sekolah yang memadai Negara-negara maju seperti USA, Jepang,
Jerman, Inggris, Perancis dan Canada telah
membuktikan peningkatan effisiensi dan produktivitas dalam sistem
pendidikan. Sebaliknya sistem informasi yang tidak mencukupi akhirnya
memperlambat perkembangan pendidikan. Dapat dikatakan bahwa
ketersediaan dan kecepatan pemberian
informasi adalah ciri kemajuan dari sebuah sistem. Untuk dapat bertahan dan
ikut maju menghadapi globalisasi, maka pilihan terbaik yang dapat dilakukan
adalah menyiapkan sistem informasi pendidikan yang handal yang mencakup seluruh
aspek yang diperlukan.
Di
era globalisasi seperti saat ini kemampuan penguasaan bahasa asing
sangat diperlukan untuk dapat bersaing di kancah persaingan global dan pasar
bebas. Namun sangat disayangkan kemampuan berbahasa asing kebanyakan penduduk di
Indonesia masih jauh dibawah rata-rata. Kurangnya kemampuan berbahasa asing
inilah yang menimbulkan kesulitan tersendiri bagi warga negara Indonesia yang
akan bersekolah atau bekerja di luar negeri. Dalam proses belajar-mengajar
seharihari di sekolah masih banyak ditemui siswa yang tidak mampu berkomunikasi
dengan bahasa asing secara baik dan benar, sehingga menyulitkan siswa dalam mencapai
prestasi belajar yang maksimal. Hal tersebut perlu mendapat perhatian yang
serius dari penyelenggara pendidikan.
Selain
peran dari setiap intitusi/lembaga pendidikan untuk "mencetak"
lulusan yang memiliki kemampuan berbahasa yang baik, diperlukan juga dukungan
dari Pemerintah Kabupaten/Kota (khususnya Dinas Pendidikan) agar upaya ini
dapat berjalan dengan baik. Metode pengajaran yang dapat diterapkan untuk
mengajar bahasa dalam sebuah kelas dapat bermacam-macam, namun terkadang sulit
untuk menentukan mana yang terbaik untuk diterapkan bagi kelas tertentu.
Misalnya, apakah seluruh siswa harus belajar bersama, dibagi dalam beberapa
kelompok atau lebih baik mereka belajar sendiri. Dengan menggunakan
laboratorium bahasa, semua permasalahan tersebut dapat teratasi, karena dalam
sebuah kelas laboratorium bahasa semua metode pengajaran dapat dilaksanakan
dengan efektif dan efesien.
Mengingat
pentingnya fungsi laboratorium bahasa dalam program pengajaran bahasa dengan
adanya nilai tambah seperti yang telah diuraikan diatas, maka alangkah baiknya
jika sekolah untuk memiliki fasilitas laboratorium bahasa.
Dengan
adanya fasilitas laboratorium bahasa ini, diharapkan program pengajaran bahasa
asing akan menjadi semakin baik, sehingga setiap institusi/lembaga pendidikan
dapat mencetak lulusan-lulusan yang siap menghadapi persaingan pasar kerja
global.
2. Tujuan
a.
Membantu sekolah
dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui subsidi/bantuan sarana dan prasarana
Lab Bahasa/Multimedia sebagai media pembelajaran
b.
Melengkapi sarana
dan prasarana Lab Bahasa/Multimedia dalam rangka meningkatkan pelayanan belajar
kepada siswa
c. Melengkapi
media pembelajaran bagi guru dalam pelaksanaan PBM
d. Mendorong
dan memberikan motivasi serta meningkatkan siswa dalam kegiatan belajar
3. Target
Siswa
mendapatkan
pelayanan sarana dan media pembelajaran yang lengkap dengan peralatan Lab
Bahasa/Multimedia yang lebih baik dan memadai.
Contoh Proposal Bantuan Dana Pendidikan
B.
PROFIL SEKOLAH
1. Nama dan Alamat Sekolah
MTs Nurul Hidayah merupakan
lembaga yang menitik beratkan pada proses belajar mengajar bagi siswa, dan
disamping itu pula dijadikan sebagai tempat penyampaian ilmu agama Islam.
Oleh karena itu perlu diupayakan keindahan, keserasian
dan keamanannya agar supaya siswa yang melaksanakan proses belajarnya dapat
merasakan kenyamanan belajar. Sementara MTs. Nurul Hidayah yang berada Blok
Krajan I Desa Opo-Opo Kecamatan Krejengan Kabupaten Probolinggo, Sarana dan prasarananya
masih jauh dari memadai, penggodokan bahasa arab dan inggris merupakan sebuah
ciri khas dari lembaga tersebut, dan untuk memaksimalkan pencapaian para siswa,
kiranya pengadaan laboratorium bahasa merupakan tuntutan yang tidak bisa
ditawar- tawar lagi
Berdasarkan hal tersebut di atas, sangat perlu kiranya
MTs. Nurul Hidayah tersebut dibantu untuk melengkapi sarana prasarannya yaitu
laboratorium bahasa.).
2. Visi dan Misi
Sekolah
Adapun visi madrasah :
Membentuk manusia yang beriman, bertaqwa, cerdas, terampil, berakhlaqul Karimah, dan cinta tanah air.
Sedangkan
misi madrasah: Mewujudkan
Madrasah Tsanawiyah sebagai lembaga Pendidikan Islam yang mampu membekali
generasi muda Islam menuju terbentuknya manusia berkualitas dan beradab.
§ Mengembangkan nilai-nilai Taqwallah,
Akhlaqul Karimah dan jiwa Ahlussunnah Wal Jama’ah.
§ Mengembangkan ilmu pengetahuan dan
teknologi, kecerdasan dan keterampilan.
§
Mengembangkan nilai-nilai sosial kemasyarakatan dan wawasan
kebangsaan.
3. Keadaan Siswa
Kelas
|
Putra
|
Putri
|
Jumlah
|
1
|
13
|
20
|
33
|
2
|
14
|
19
|
33
|
3
|
11
|
15
|
26
|
Jumlah
|
38
|
54
|
92
|
4. Keadaan Guru
Kualifikasi
|
PNS
|
GT
|
GTT
|
Jumlah
|
SMP
|
|
|
|
|
SMA
|
|
2
|
|
2
|
S 1
|
1
|
9
|
1
|
11
|
S 2
|
|
|
|
|
Jumlah
|
1
|
12
|
1
|
13
|
Adapun
rincian tugas mengajar adalah sebagai berikut:
No
|
Nama
|
TTL
|
Lulusan
|
Jabatan/Tugas
Mengajar
|
1
|
Badrus Sholeh
|
Probolinggo,
19/03/1968
|
1992
|
Ketua Yayasan
|
2
|
Sholehuddin, S.PdI
|
Probolinggo,
15/02/1968
|
2007
|
Kepala Sekolah
|
3
|
Mahmudi, S.Ag
|
Probolinggo,
06/02/1973
|
1998
|
Guru
|
4
|
Achmad Taufik, S.PdI
|
Probolinggo,
12/08/1967
|
2010
|
Guru
|
5
|
Khairi, S.Pd
|
Probolinggo,
03/04/1966
|
2010
|
Guru
|
6
|
Mokhammad Hasan, S.PdI
|
Probolinggo,
07/03/1982
|
2005
|
TU/Guru
|
7
|
Yoesoef, AF, S.PdI
|
Probolinggo,
28/02/1987
|
2009
|
Guru
|
8
|
Usman, SH
|
Probolinggo,
09/04/1986
|
2008
|
Guru
|
9
|
Mohammad Umar, S.Pd
|
Probolinggo,17/02/1982
|
2009
|
Guru
|
10
|
Hasbul Wafi, SH
|
Probolinggo, 10/08/1966
|
1990
|
Guru/Waka
|
11
|
Misnadi, S.Pd
|
Probolinggo,
08/04/1971
|
2010
|
Guru/Waka
|
12
|
Muh. Ayub
|
Probolinggo, 22/05/1989
|
2010
|
TU
|
13
|
Sipu Adi, S.PdI
|
Probolinggo, 12/05/1989
|
2008
|
Guru
|
|
|
|
|
|
5. Keadaan Fasilitas/Sarana
dan Prasarana Sekolah
No
|
Jenis
|
Jumlah
|
Keadaan
|
1
|
Ruang Belajar
|
3
|
2 Baik, 1 layak pakai
|
2
|
Ruang Perpustakaan
|
1
|
Baik
|
3
|
Ruang Kantor
|
1
|
Baik
|
4
|
Ruang Guru
|
1
|
Baik
|
5
|
Ruang Laboratorium IPA
|
|
|
6
|
Ruang Laboratorium Bahasa
|
1
|
Siap digunakan
|
7
|
Koperasi
|
1
|
Baik
|
8
|
RuangIbadah/MAsjid
|
1
|
Baik
|
9
|
Ruang OSIS
|
1
|
Layak pakai
|
10
|
Lapangan Olah raga
|
1
|
Baik
|
6. Kegiatan Sekolah/Kurikulum
Tujuan
Pengembangan KTSP ini untuk memberikan acuan kepada kepala sekolah, guru, dan
tenaga kependidikan lainnya yang ada di sekolah dalam mengembangkan program-program
yang akan dilaksanakan.
Selain itu, KTSP disusun antara lain agar dapat memberi kesempatan peserta didik
untuk :
a) belajar untuk beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang
Maha Esa,
b)
belajar untuk memahami dan menghayati,
c)
belajar untuk mampu melaksanakan dan berbuat secara efektif,
d)
belajar untuk hidup bersama dan berguna untuk orang lain, dan
e)
belajar untuk membangun dan menemukan jati diri melalui proses belajar
yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
7. Prestasi Sekolah
Sekolah ini merupakan salah satu sekolah
yang mempunyai prestasi yang tinggi, adapun prestasi ini dicapai dengan cara,
mengaktifkan semua komponen-komponen terkait, baik personal kepegawaian maupun
dewan guru sendiri. Ini semua dilakukan dengan mengacu sebuah prinsip”
peraturan akan berwibawa kalau yang buat peraturan itu sendiri ikut menjalankan
aturan itu”.
8. Dan lain-lain
Sehubungan dengan akan di bangunnya sarana
prasarana lab bahasa. Maka program unggulan Madrasah ke depan yaitu
meningkatkan kemampuan anak didik dalam komunikasi khususnya bahasa arab dan
bahasa inggris.
C.
KEPANITIAAN DAN RENCANA ANGGARAN BIAYA
Untuk mensukseskan kegiatan ini, maka
dibentuk kepanitiaan sebagai berikut:
Penanggungjawab : Sholehuddin,
S.PdI
Ketua :
Mokhammad Hasan, S.PdI
Sekretaris :
Moh. Ayub
Bendahara :
Misnadi, S.Pd
Anggota 1 :
Mahmudi, S.Ag
Anggota 2 :
Khairi, S.Pd
Anggota 3 :
Achmad Taufik, S.PdI
Rencana anggaran biaya yang dibutuhkan
dalam pengadaan laboratorium Bahasa ini sebesar Rp 100.000.000,00 ( Seratus
juta rupiah). Adapun rinciannya sebagaimana dalam lampiran.
D.
PENUTUP
Demikianlah proposal pengadaan peralatan
Laboratorium Bahasa di lembaga kami dalam rangka mencapai tujuan
pendidikan. Semoga proposal ini dapat
menjadi dasar pertimbangan Bapak agar berkenan memberikan bantuan dana demi
kelancaran pelaksanaan pendidikan di lembaga kami. Atas perhatian dan
bantuannya kami sampaikan terima kasih.
RINCIAN ANGGARAN BIAYA (RAB)
PENGADAAN PERALATAN LABORATORIUM BAHASA
DI MTs
NURUL HIDAYAH
TAHUN
2011
No
|
Uraian
Spesifikasi
|
Volume
|
Satuan
|
Harga Satuan
|
Jumlah
|
1
|
Master
control Computerized System
|
Master
sepenuhnya dikendalikan dengan softwere yang diinstall dicomputer master,
dengan fitur: Phones, spiker, Talk All, Individual, Inzu, Record,Mic
room,Scanning system,Volume Control( Master Mic,Student Mic,Input
Device,Bass,Treble),group Selector,Input System 3
Source(ComputermLapto,DVD),jack to jack with socket RJ45,Power amp 200-300
Watt,
|
2
|
Unit
|
35.000.000
|
70.000.000
|
2
|
Computer
|
Dual
core, Monitor ,LCD 15”,DVDRW,DDR 1GB,HD250 GB,Spliter VGA2Port
|
2
|
Unit
|
4.500.000
|
9.000.000
|
3
|
Student
education
|
Conektor
3 pin,call,led,active, jack to jack with socket RJ 45
|
64
|
Unit
|
250.000
|
16.000.000
|
4
|
Student
Unstructur (Headset)
|
Headset
modifikasi dengan conector 3 pin Impedance:32 ohm Frequendi respon:150Mw
Kepekaan:105Db at 1KHz+/-%
|
66
|
Unit
|
150.000
|
9.900.000
|
5
|
Room
Speaker
|
Impedance
8 ohm 8”
|
4
|
Unit
|
750.000
|
3.000.000
|
6
|
U
p s
|
650
weight 5.8kg Size 390x130x210 mm. Daya 600 PA
|
2
|
Unit
|
850.000
|
1.700.000
|
7
|
Connection
Cable
|
Menggunakan
kabel UTP(8pin) Jack to jack with Con RJ45
|
66
|
Unit
|
100.000
|
6.600.000
|
8
|
Student
Twinbooth desk
|
Ukuran
, p 120 cm, l 53 cm, t 119 cm terbuat
dari partikel booth dilapisi melamin putih
|
32
|
Unit
|
850.000
|
27.200.000
|
9
|
Teacher
console desk
|
Ukuran,
p 180 cm, l 80 cm ,t 75 cm terbuat dari multiplek dilapisi melamin putih
|
2
|
Unit
|
3.500.000
|
7.000.000
|
10
|
Student
Chair lIpat
|
Ukuran
, p 43 cm, l 38cm, t 83cm terbuat dari bahan besi crom Oscar finil
|
64
|
Unit
|
225.000
|
14.400.000
|
11
|
Instruktur
Chaur Lipat
|
P
52 cm, l 47 cm, t 115 cm terbuat dari oscar dan ampres pp
|
2
|
Unit
|
1.600.000
|
3.200.000
|
12
|
LCD Proyektor+ Tripot+Hanger
|
P
52 cm, l 47 cm, t 115 cm terbuat dari oscar dan ampres pp
|
2
|
Unit
|
5.500.000
|
11.000.000
|
13
|
Materi
pembelajaran
|
CD
pembelajaran bhs.inggris
|
2
|
Paket
|
750.000
|
1.500.000
|
14
|
Karpet
|
Seluas
ruangan
|
2
|
Paket
|
2.000.000
|
4.000.000
|
15
|
Instalasi
dan pelatihan
|
Pelatihan
untuk pengajar yang bersangkutan
|
2
|
Paket
|
4.250.000
|
8.500.000
|
16
|
Vacuum
cleaner
|
220
volt dan 400 watt
|
2
|
Unit
|
1.000.000
|
2.000.000
|
17
|
Box
and Catwalk
|
Bahan
multiplex dilapisi karpet
|
2
|
Paket
|
2.500.000
|
5.000.000
|
Total
|
200.000.000
|
Kabupaten,
bln-th
SHOLEHUDDIN, S.PdI
Demikian Contoh Proposal Bantuan Dana Laboratorium Bahasa ini, semoga bisa bermanfaat amin.
Untuk Memudahkan anda Menyalin contoh Proposal di atas silahkan download file doc. di
sini atau dibawah ini: